Cara Rafting Yang Aman Untuk Para Pemula

Amos   April 7, 2018   Comments Off on Cara Rafting Yang Aman Untuk Para Pemula

Tidak dapat dipungkiri bahwa masih banyak orang yang enggan untuk melakukan aktivitas rafting atau arung jeram di sungai. Alasannya pun ada berbagai macam. Salah satunya adalah karena mereka tidak bisa berenang, sehingga takut dan tidak berani untuk melakukan aktivitas ekstrem tersebut. Padahal, aktivitas rafting atau arung jeram ini juga diperbolehkan bagi mereka yang tidak bisa berenang dengan catatan bahwa mereka telah menggunakan pakaian dan atribut yang sesuai serta ditemani oleh orang yang telah ahli dalam kegiatan olahraga air tersebut.

Sebagai olahraga yang cukup menantang adrenalin, olahraga arung jeram memang memiliki beberapa risiko. Oleh karena itu, ada beberapa persiapan yang wajib dilakukan sebelum melakukan aktivitas menantang yang satu ini. Berbagai persiapan tersebut harus dilakukan agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Lalu, apa saja persiapan yang harus dilakukan dalam melakukan aktivitas rafting atau arung jeram?

Nah, Inilah Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Olahraga Rafting Atau Arung Jeram

  1. Kondisi Tubuh Harus Fit

Sebelum melakukan aktivitas rafting, maka Anda harus memastikan bahwa tubuh Anda sedang dalam kondisi sehat atau fit. Hal ini disebabkan karena rafting merupakan olahraga yang cukup menantang dan membahayakan, sehingga kita membutuhkan kondisi tubuh yang fit dalam menghadapi derasnya air sungai yang dapat membahayakan kondisi kita.

  1. Menggunakan Pakaian yang Tepat

Agar merasa nyaman saat melakukan olahraga arung jeram, maka jangan lupa untuk menggunakan pakaian serta alas kaki yang tepat. Celana pendek dan kaus sudah menjadi pakaian yang paling nyaman saat melakukan olahraga ini. Selain itu, kita juga harus menggunakan alas kaki yang tepat. Jangan menggunakan sandal jepit karena mudah lepas. Terlebih jangan menggunakan sepatu karena nantinya akan basah kuyup dan rusak. Jadi, alas kaki yang paling cocok adalah sandal gunung bertali, karena alas kaki yang satu ini memang didesain untuk kegiatan outdoor.

  1. Memakai Atribut yang Lengkap

Menggunakan atribut yang lengkap saat melakukan olahraga rafting memang sangat wajib dilakukan. Meskipun Anda telah mahir berenang, namun penggunaan atribut seperti rompi dan helm tetap dianjurkan. Hal ini bertujuan agar tubuh Anda lebih aman dan terlindungi dari benturan.

  1. Melakukan Pemanasan

Rafting merupakan aktivitas olahraga yang akan membuat tubuh sangat aktif bergerak karena terkena oleh banyak sekali guncangan. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda telah melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari cedera. Pemanasan bertujuan untuk melemaskan otot-otot, sehingga lebih rileks dan fleksibel.

Itulah empat hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan aktivitas olahraga rafting atau arung jeram. Setelah selesai melakukan persiapan tersebut, maka kita juga harus belajar bagaimana cara melakukan rafting atau arung jeram dengan baik dan benar. Biasanya, ada instruksi sebelum kita melakukannya. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan rafting atau arung jeram.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Rafting Atau Arung Jeram

  • Posisi Duduk

Jangan duduk di tengah perahu! Agar keseimbangan perahu dapat terjaga, maka semua peserta rafting harus duduk di tepi perahu. Dengan begitu, maka perahu dapat berjalan dengan seimbang dan terhindar dari kemungkinan terbalik.

  • Gerakan Dayung

Sekilas, dayung yang dipakai memang seperti papan datar. Namun, penggunaan dayung harus dipelajari dengan baik. Jika tidak, maka dapat berakibat celaka. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda bisa menggunakan dayung dengan baik sehingga bisa menjalankan perahu sesuai dengan arah yang diinginkan.

  • Jangan Panik Saat Jatuh

Bermain arung jeram atau rafting memang tidak dapat terhindar dari tidak jatuh. Bahkan, kegiatan ini kurang asyik jika tidak sampai jatuh ke air sungai. Namun, Anda tidak perlu panik saat jatuh atau perahu terbalik. Untuk menyelamatkan diri, tubuh diarahkan menghadap ke atas dengan posisi telentang seperti berbaring. Kemudian, biarkan tubuh terbawa arus sungai dan jangan sampai malah Anda berusaha melawan arus sungai. Karena kegiatan ini dipandu oleh para petugas, maka pemandu punĀ  akan segera datang menghampiri Anda untuk memberi pertolongan. Sambil menunggu pemandu datang, pastikan bahwa Anda tetap berhati-hati agar terhindar dari benturan bebatuan di sungai tersebut.

Bagaimana, apakah Anda semakin tertarik untuk mencoba olahraga rafting atau arung jeram. Yuk, ajak teman-teman atau keluarga untuk menikmati keseruan olahraga air yang satu ini. Setelah mencoba untuk pertama kalinya, Anda pasti akan merasa ketagihan dan ingin melakukannya lagi karena kegiatan ini memang sangat asyik, seru, dan menyenangkan.